Jumat, 01 Juli 2016

Jurnal Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 104 Jakarta Timur

Abstraksi :
SMA Negeri 104 Jakarta merupakan sekolah menengah atas di Kota Jakarta Timur. Setiap awal tahun pelajaran baru akan dilaksanakan seleksi penerimaan siswa baru. Sekolah tersebut sering ramai dengan peminat. Dengan adanya Sistem Informasi berbasis komputerisasi dan aplikasi basis data diharapkan dapat membantu penyampaian informasi dan mempermudah dalam pelaksanaan pengolahan dan pengelolaan data penerimaan siswa baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, study pustaka, analisis, perancangan sistem, uji coba, dan implementasi. Dari penelitian ini diharapkan sistem informasi yang dibuat dapat memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan penerimaan siswa baru di SMA Negeri 104 Jakarta.
Kata Kunci : Sistem Informasi penerimaan siswa baru

Latar Belakang
SMA Negeri 104 Jakarta yang berlokasi di JL. H. Taiman Barat, Kel Kampung Gedong, Pasar Rebo Jakarta Timur, dengan luas tanah 9.735 m2. Mulai melaksanakan proses belajar mengajar sejak tanggal 17 Juli tahun 1990. Gedung SMA Negeri 104 Pada tahun 2003 sampai dengan 2004 mengalami rehabilitasi total dan meminjam kompleks pendidikan Sekolah Dasar 05, 07 Kampung Gedong dan SMA Perguruan Nusantara sebagai tempat belajar sementara sampai gedung baru siap digunakan, pada saat itu jumlah rombongan belajar kelas X 6 kelas, kelas XI 4 kelas dan kelas XII 4 kelas.
Pada bulan Juni 2005 gedung SMA Negeri 104 Jakarta diresmikan pemakaiannya oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Sutiyoso. Dengan luas bangunan 4.900 M tinggi bangunan empat lapis.



Metode Penelitian

Arikunto (2002:136) ” metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data penelitiannya ”. Berdasarkan pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa metode penelitian adalah cara yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yang di perlukan dalam penelitian.




Jenis Penelitian
Menurut Sugiyono, (2003:14) terdapat beberapa jenis penelitian antara lain:
1. Penelitian kuantitatif, adalah penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan.
2. Penelitian kualitatif, data kualitatif adalah data yang berbentuk kata, skema, dan gambar.
Berdasarkan teori tersebut diatas, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan.

Dasar Teori
Sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Informasi adalah hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem tersebut menjadi bentuk yang mudah dipahami dan merupakan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan oleh orang untuk menambah pemahamannya terhadap faktafakta yang ada.
Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.


PEMBAHASAN
Hasil Wawancara
Berikut ini adalah hasil wawancara penulis dengan narasumber yang telah diubah ke dalam bentuk narasi.
Dari hasil wawancara yang kita dapatkan sekolah ini memiliki 7 kelas untuk penerimaan siswa baru yang mana setiap kelasnya menampung sekitar 40 siswa/i. Untuk jalur masuknya dapat melalui jalur prestasi, jalur online ataupun jalur manual. Sistem online yang digunakan sekolah ini terbilang sistem baru namun tergolong baik, dan sekolah ini lebih merekomendasikan dengan pendaftaran penerimaan siswa/i baru melalui jalur online. Sekolah ini juga dilengkapi dengan fasilitas wi-fi disetiap kelasnya dan dapat diakses oleh seluruh siswa, serta dengan dukungan sistem keamanan dalam berinternet kebanyakan situs yg tidak mendukung kegiatan belajar diblokir guna mencegah tindak kegiatan negatif.

Penerimaan siswa baru merupakan upaya instansi sekolah untuk memperoleh calon siswa baru yang sesuai dengan kriteria setiap sekolah, sehingga tahapan ini merupakan tahapan yang penting. Seiring berjalannya kemajuan teknologi, sistem informasi dibutuhkan untuk mempemudah penerimaan siswa/i baru. Dengan adanya sistem informasi penerimaan siswa baru diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang sering dihadapi dalam penerimaan siswa baru di SMA Negeri 104 Jakarta.



PENUTUP
Kesimpulan
Pada laporan ini penulis dapat menyimpulkan :
1. Sistem informasi penerimaan siswa baru dapat mempermudah admin dalam pengolahan dan pengelolaan data peserta. Serta dapat mempercepat informasi hasil seleksi penerimaan siswa baru.
2. Dengan adanya sistem informasi penerimaan siswa baru maka pengolahan data akan lebih efektif dan efisien.

0 komentar:

Posting Komentar